Sekilas Ormas Kembang Latar Jabodetabek

Tuesday, April 13, 2010 ·

Keinginan tokoh-tokoh Pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat untuk bersatu dalam menyikapi situasi dan kondisi yang sangat meresahkan masyarakat diantaranya adalah konflik horizontal, yang disebabkan sering terjadinya keributan-keributan dan tidak jarang diakhiri dengan perkelahian antar kelompok sehingga menimbulkan korban dikalangan masyarakat.




Melihat fenomena tersebut diatas, maka dibentuklah Paguyuban Kembang Latar Jabodetabek tepatnya pada tanggal 09 September 1991, yang bertujuan untuk mengarahkan kepada kelompok-kelompok ataupun wilayah-wilayah dengan melaksanakan berbagai macam kegiatan positif diantaranya mengadakan pertandingan-pertandingan dalam bidang olahraga, serta mengadakan kegiatan sosial dengan memberikan santunan dan kegiatan sosial lainnya.Dalam bidang kesenian Paguyuban Kembang Latar telah membentuk sanggar seni Betawi. Harapan para pendiri Paguyuban Kembang Latar dengan adanya kegiatan positif yang didukung dengan sportifitas yang tinggi akan dapat menciptakan perdamaian dalam masyarakat

KEMBANG LATAR selaku organisasi kemasyarakatn sampai saat ini telah terbentuk 40 sektor yang beranggotakan 200-500 personil tiap sektor dan juga memilki kader-kader yang berkualitas yang mempunyai peranan penting di Ormas lain seperti : Pemuda Pancasila, AMPI, MKGR, IKB, Pemuda Panca Marga, FKPPI, KOSGORO, GP ANSHOR, BMI, AMPG, Karang Taruna, Remaja Masjid dan Ormas lainnya.


Eksistensi Organisasi untuk menindaklanjuti kehidupan organisasi sesuai dengan cita-cita dan tujuan Paguyuban Kembang Latar seperti yang tertera pada anggaran dasar KEMBANG LATAR pada Bab II Pasal 3 Azas dan Tujuan :

  1. Terwujudnya kembang latar sebagai wadah utama dalam menyatukan gerak, langkah dan memperjuangkan aspirasi anggota dalam menciptakan kedamaian abadi, kehidupan bermasyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.
     
  2. Terciptanya kader-kader bangsa yang tangguh dalam rangka mencapai ketahanan Nasional Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945
     
  3. Berperan aktif dalam seluruh proses pembangunan dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang aman, tentram damai dan adil serta sejahtera.

Sekarang Kembang Latar tidak lagi merupakan paguyuban tetapi telah berubah menjadi organisasi yang kian hari kian berkembang dengan diiringi pembenahan internal organisasi dari semua lini bidang organisasi, dan dilakukannya tertib administrasi sehingga membuat antusiasme masyarakat untuk menjadi anggota atau bagian dari Kembang Latar semakin bertambah.

Saat ini anggota Kembang Latar bukan saja dari kalangan menengah kebawah tapi sudah banyak dari kalangan menengah keatas, dengan dilatarbelakangi dari berbagai macam profesi dan disiplin ilmu seperti ; Dokter, Pengacara, PNS, Pengusaha, Dosen, Consultant, Pensiunan TNI/Polisi, dll.

Pada tahun 2008, Kembang Latar mengusung 4 Calon Legislatif untuk Pemilu 2009 (3 DKI dan 1 Tangerang), dan kami berharap di masa depan Kembang Latar menjadi organisasi yang solid dan dapat diterima dan hidup di tengah-tengah masyarakat.

Pada setiap kegiatan Kembang Latar, baik itu Acara resmi pelantikkan sektor atau kegiatan yang sudah menjadi agenda Pusat dan sektor selalu mengedepankan acara-acara yang bersifat sosial seperti ; Bakti sosial, Santunan Yatim Piatu & duafa atau juga membantu korban-korban bencana alam seperti membantu korban tsunami di Aceh dan juga Korban Situ Gintung, dengan mendirikan posko Bantuan dan juga memberangkatkan relawan-relawan ke daerah bencana.

Pada tahun 2010 ini, Kembang Latar semakin berkembang dengan banyaknya pembukaan sektor-sektor baru ; baik di DKI, Tangerang dan juga Depok. Mudah-mudahan Kembang Latar tetap menjunjung tinggi Tali silaturahmi dan persaudaraan khususnya sesama anggota Kembang Latar maupun dengan organisasi kemasyarakatan lainnya sesuai dengan motto Kembang Latar ”SERIBU KAWAN MASIH KURANG, SATU MUSUH KEBANYAKAN”.


Anggaran Dasar - BAB IV - Satus, Sifat dan Fungsi

Pasal 5 Status,
Kembang Latar adalah Organisasi Kemasyarakatan yang beranggotakan Masyarakat, berada ditengah rakyat, dibesarkan oleh rakyat dan berjuang untuk rakyat.

Pasal 6, Sifat - Kembang Latar bersifat terbuka, independen dan terarah.

Pasal 7, Fungsi -
1. Kembang Latar adalah wadah berhimpun masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Kembang Latar berfungsi sebagai Forum Silaturahmi dan penyalur aspirasi masyarakat dalam meningkatkan derajat, taraf hidup status dan kesejahteraan sosial.
  • Sebagai mesin pencetak kader bangsa yang independen dan berwawasan kebangsaan yang luas untuk menciptakan persatuan dan kesatuan.
  • Kembang Latar berfungsi sebagai pemersatu dalam meningkatkan kualitas persatuan dan kesatuan guna mempercepat usaha pencapaian tujuan nasional.

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Sekilas Ormas Kembang Latar Jabodetabek dan anda bisa menemukan artikel/Berita Sekilas Ormas Kembang Latar Jabodetabek ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2010/04/ilas-kembang-latar-jabodetabek.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Sekilas Ormas Kembang Latar Jabodetabek ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Sekilas Ormas Kembang Latar Jabodetabek sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter