Profil Menteri-Menteri Muda KIB II

Tuesday, April 13, 2010 ·

Dari 37 Menteri dan Pejabat setingkatnya yang diumumkan Presiden hanya sedikit yang masih muda. Itu pun dalam artian mereka-mereka yang masih dibawah 50 tahun (37-49 Tahun). Setidaknya ada 8 menteri muda dengan karir cukup cemerlang. Inilah sekilas profilnya: 


Darwin Zahedy Saleh (49 Tahun)
Saat ini, Darwin masih menjabat Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan DPP Partai Demokrat. Ekonom Universitas Indonesia (UI) yang lahir di Riau, 29 Oktober 1960 itu, merupakan staf ahli Dekan Fakultas Ekonomi UI dan sekaligus dosen FE UI. Dalam kabinet mendatang, Darwin bakal menempati posisi Menneg BUMN. 

Tifatul Sembiring (48 Tahun)
Ia adalah Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2005-2010. Pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, 28 September 1961 juga salah satu pendiri Partai Keadilan --yang kemudian berganti nama menjadi PKS-- pernah menjadi Kepala Humas PK dan Ketua DPP PKS wilayah Dakwah I Sumatra. Ia juga pernah bekerja di PT PLN Pusat Pengaturan Beban Jawa, Bali, Madura pada 1982-1989. Dalam kabinet mendatang, Tifatul duduk sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. 

Zulkifli Hasan (47 Tahun)
Pria tampan kelahiran Lampung, 17 Mei 1962 itu adalah Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN). Zulkifli menjadi calon menteri ketiga dari PAN, setelah Hatta Radjasa dan Patrialis Akbar. Ia akan menjabat Menteri Kehutanan. 

Sri Mulyani Indrawati (47 Tahun)
Sebelum menjabat Menteri Keuangan pada Desember 2005, wanita kelahiran Bandar Lampung, Provinsi Lampung, 26 Agustus 1962 itu dipercaya menjadi Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas dari Kabinet Indonesia Bersatu I. Sejak 2008, pengamat ekonomi Universitas Indonesia (UI) itu merangkap jabatan sebagai Jabatan Tugas Menko Bidang Perekonomian, menggantikan Boediono yang dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Sri Mulyani pernah dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets pada 18 September 2006 di sela Sidang Tahunan Bank Dunia dan IMF di Singapura. Pada kabinet mendatang, Sri Mulyani tetap menempati posisi Menteri Keuangan.
 

Marty Natalegawa (46 Tahun)
Pria bernama lengkap Raden Marty Muliana Natalegawa ini merupakan Wakil Tetap RI untuk PBB sejak 5 September 2007. Sebelumnya, dia yang lahir di Bandung, Jawa Barat, 22 Maret 1963, pernah menjadi juru bicara Departemen Luar Negeri dan Duta Besar RI untuk Inggris sejak 11 November 2005 hingga 5 September 2007.

Mulai bekerja di Deplu pada 1986, meraih gelar doktor dari Australian National University pada tahun 1993. Sedangkan gelar S2-nya diperoleh di London School of Economics, Universitas Cambridge, Inggris. Ia pun pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Dewan Keamanan PBB dan dialog trilateral di Timor Timur serta Direktur Jenderal untuk Kerjasama ASEAN (2003-2005). Marty akan menempati posisi sebagai Menteri Luar Negeri menggantikan Nur Hassan Wirajuda.
 

Andi Alfian Mallarangeng (46 Tahun)
Sebelum menjadi Jubir Kepresidenan, Andi yang lahir di Makassar, 14 Maret 1963 itu dikenal sebagai pengamat politik. Peraih gelar Doctor of Philosophy di bidang ilmu politik dari Northern Illinois University (NIU), Amerika Serikat itu juga menjabat pemimpin redaksi situs internet Presiden SBY. Andi yang juga anggota Tim Kampanye SBY-Boediono itu menempati posisi sebagai Menteri Negara Pemuda Dan Olah Raga pada Kabinet Indonesia Bersatu II ini. 

Abdul Muhaimin Iskandar (43 Tahun)
Politisi muda kelahiran Jombang, Jawa Timur, 24 September 1966 ini adalah Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Alumnus FISIP Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta itu sejak muda telah terjun di berbagai organisasi, hingga menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Karir politiknya melesat ketika dipilih Abdurrahman Wahid (Gus Dur) untuk menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada tahun 1998.

Pria yang akrab di sapa Cak Imin itu kemudian menjadi anggota DPR dari PKB dalam dua periode sejak 1999-2004 dan 2004-2009. Ia juga sempat menjabat Wakil Ketua DPR RI periode 2004-2009. Pada pemilu 2009, Cak Imin kembali terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 dari daerah pemilihan Jawa Timur I. Di kabinet mendatang, ia akan menempati posisi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
 

Helmy Faisal Zaini (37 Tahun)
Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu lahir pada 1 Agustus 1972 di Desa Babakan, pinggiran kota Cirebon, Jawa Barat. Di kalangan aktivis mahasiswa Jawa Timur era 1990-an, Helmy yang saat itu tercatat sebagai mahasiswa FT Universitas Darul Ulum Jombang, dan merupakan salah seorang tokoh demonstran, selain aktif organisasi pers mahasiswa. Helmy pun terlibat di dalam proses pendirian PKB sebagai anggota Komite Pendeklarasian PKB pada tanggal 23 Juli 1998.

Helmy akan mengisi pos Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal, yang pernah dijabat dua seniornya di PKB yakni Saifullah Yusuf (kini Wakil Gubernur Jawa Timur) dan Lukman Edy (kini anggota Komisi V DPR).

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Profil Menteri-Menteri Muda KIB II dan anda bisa menemukan artikel/Berita Profil Menteri-Menteri Muda KIB II ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2010/04/profil-menteri-menteri-muda-kib-ii.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Profil Menteri-Menteri Muda KIB II ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Profil Menteri-Menteri Muda KIB II sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter