Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel

Thursday, May 27, 2010 ·

Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel

Kembang Latar adalah Ormas Betawi yang sejarahnya dahulu  dimulai dari Paguyuban Jawara se-Jabodetabek. Kemudian berganti nama menjadi Kembang Latar atas prakarsa Bu Hajjah Betty. Secara resmi Ormas yang ‘dikomandani’ Bang Haji Bahyuddin, yang karib disapa Bang Haji Black, berdiri sejak tanggal 9 September 1991. Para tokoh pendirinya antara lain : Alm. Nirwan Jaya, H. Bendot, Subari, Ama Mashur, dan Persada Ginting. Sampai kini Kembang Latar yang punya motto: “Seribu Kawan Masih Kurang, Satu Musuh Kebanyakan” terus beraktivitas mengepakkan sayap organisasi sebagai langkah konkret berkontribusi demi kemajuan bangsa dan negara.

Dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tangeran Selatan (Tangsel) Kembang Latar sebagai salah satu Ormas Betawi tidak hanya akan menjadi penonton. Tetapi akan berperan aktif demi suksesnya pesta demokrasi tersebut dan memenangkan calon yang didukung Ormas Kembang Latar. Demikian ujar Ketua Umum DPP Kembang Latar se-Jabodetabek Bang H. Bahyuddin yang karib disapa Bang H. Black saat memberikan sedikit pernyataan sikap resmi Ormas Kembang Latar menjelang Pilkada Tangsel.

Menurut Bang H. Black, Kembang Latar sangat serius dan mencermati dengan teliti profile dan kapasitas calon walikota yang akan menjadi Tangsel 1. Artinya, dari sekian calon yang muncul Kembang Latar memiliki kriteria khusus dalam menentukan pimpinan pilihannya. “DPP Kembang Latar akan mendukung calon wakilota yang memiliki konsep jelas dan integral dalam pembangunan aspek kesejahteraan warga Tangsel yang mana konsep ini disosialisasikan kepada warga. Di samping itu juga harus memahami cakrawala sosial eksistensi Ormas Kepemudaan yang ada di wilayah dan harus mampu bekerja sama, bijaksana, serta aspiratif yang mana ini dibuktikan dengan program dan tindakan calon sebelum hari pemilihan. Dan yang tak kalah pentingnya adalah adab dan citra merakyat yang harus ditunjukan oleh sang calon,” terang Bang H. Black.
Ketika disinggung apakah sudah ada calon yang didukung Kembang Latar, sambil tersenyum Bang H. Black menggelengkan kepala. “Dari sekian calon memang ada yang nampaknya cukup baik, tetapi belum dapat dikatakan resmi diusung oleh Kembang Latar. Masih diperlukan beberapa tahapan lagi untuk sampai ke sana. Namun, Kembang Latar akan siap menjadi pendukung dan pengerak serta berkomitmen dalam mengusung calon tersebut,” ungkapnya.

Apakah ada syarat khusus untuk calon yang ingin mendapat dukungan penuh dari Kembang Latar? Jelas ada, begitu kata Bang H. Black. Dia menambahkan, bila ingin mendapat dukungan dari Kembang Latar tentunya sang calon harus bikin kontrak politik dengan Kembang Latar yang harus diketahui oleh publik. “Kontrak politik adalah kesepakatan dan kesepahaman yang harus ada, agar martabat warga Kembang Latar khususnya dan warga Tangsel umumnya menjadi terhormat dan sang calon akan sadar benar tentang tugas, fungsi, wewenang, dan tanggung jawabnya kelak serta amanah dalam menjabat,” ujar Bang H. Black.

Apabila sudah ada kesepakatan yang tertuang dalam kontrak politik, tambah Bang H. Black, Kembang Latar sudah siap dengan Tim Khusus yang dibentuk untuk pertama, memobilisasi massa Kembang Latar yang saat ini hampir 20.000 anggota. Kedua, memberikan sosialisasi ke segenap sektor di wilayah Tangsel. Ketiga, mengangkat Ketua Sektor Ciputat Bang Michael Delly yang secara taktis ex officio menjadi Ketua Korwil di Tangsel. Dan, di sini Bang Michael Delly digandeng dengan Bang Meidy Sukriya (Memed) yang menjabat Ketua Bidang Mobilisasi Massa  DPP Kembang Latar. “Sedangkan komitmennya adalah, siapa pun calon yang akan kita dukung maka dia akan menjadi ‘harga mati’ bagi perjuangan Kembang Latar untuk memenangkan sang calon dalam memperebutkan kursi nomor satu di Tangsel,” tegas Bang H. Black.

Dalam kesempatan yang sama Bang Michael Delly dan Bang Meidy (Memed) Sukriya menyatakan, bahwa eksistensi soliditas dan kekompakan Kembang Latar dapat dilihat di lapangan. Walau bukan satu-satunya Ormas yang ada, namun dalam konteks Pilkada Tangsel, kualitas dan wawasan serta sejarah panjang perjalanan organisasi sangat mampu juga berpotensial untuk menjadi ormas penggerak dan bukan sekedar ormas pendukung.

“Ormas Kembang Latar sangat mampu menggerakan massa sebab memiliki kepengurusan dan jaringan ke bawah bahkan sampai tingkat RT dan diperkuat dengan komando yang jelas dari pimpinan diatasnya. Dukungan Kembang Latar sudah tentu sangat real dan bukan sekedar “mendukung”. Namun mampu menggerakan grassroot untuk menjadi influencer di wilayahnya masing masing. Apalagi, kesiapan Kembang Latar sudah dari jauh hari dicanangkan, sebagaimana hasil rapat koordinasi dan pleno dari para unsur pimpinan DPP dan segenap Sektor se-Kota Tangsel. Artinya, Kembang Latar sangat siap mendukung dan memenangkan calon tertentu kelak,” ungkap Bang Michael Delly panjang lebar yang diiyakan oleh Bang Meidy (Memed) dengan anggukan kepala.

Sementara Ketua Umum DPP Kembang Latar Bang Haji Black dalam akhir wawancara menyempatkan diri untuk memberikan himbauan serta instruksi kepada segenap anggota Kembang Latar agar selalu meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan, menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah masing-masing agar tetap kondusif, menjaga hubungan sesama Betawi dan sesama anak bangsa, tidak mudah terprovokasi dan selalu intens.berkoordinasi dengan pimpinan.

denjaka
sumber:batavianews

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel dan anda bisa menemukan artikel/Berita Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2010/05/tak-akan-jadi-penonton-dalam-pilkada.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kembang Latar Tak akan Jadi Penonton dalam Pilkada Tangsel sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter