Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural

Wednesday, April 4, 2012 ·

Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural. 
Salah satu dampak bergulirnya reformasi tahun 1998 antara lain ialah meningkatnya pemanfaatan terhadap hak kebebasan mengutarakan pendapat dan berkumpul. Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya pendirian organisasi kemasyarakatan sebagai wadah mengakomodir kepentingan, pandangan dan tujuan tertentu. Menurut Undang-undang nomor 8 tahun 1985, yang dimaksud dengan organisasi kemasyarakatan ialah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat warganegara Republik Indonesia secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, untuk berperanserta dalam pembangunan dalam rangka mencapai tujuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Keberadaan organisasi kemayarakatan sedikit banyak sangat membantu kehidupan masyarakat pada umumnya. Salah satu peranan paling penting dari organisasi kemasyarakatan ialah meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam rangka mencapai tujuan nasional.

Pemberdayaan dengan cara yang sama pun dapat dilakukan terhadap ormas-ormas dengan kekhususan lain seperti ormas yang mengkhususkan diri dibidang sosial, pendidikan dan lingkungan hidup. Satu yang harus benar-benar diperhatikan ialah pemerintah dapat merangkul semua ormas menjadi mitranya dalam membangun Indonesia tanpa terkecuali. Penghargaan terhadap ormas-ormas yang berprestasi dapat meredam radikalisme ormas sehingga mereka tidak begitu fanatik terhadap hal-hal tertentu yang menjadi tujuannya. Ketika organisasi kemasyarakatan dapat terberdayakan dengan baik ikut melayani masyarakat indonesia yang beragam, persatuan Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Hal tersebut dikarenakan ketika pihak-pihak yang berbeda bahkan bersebrangan saling tolong menolong maka tidak mustahil persatuan Indonesia sebagai bangsa yang multikultural akan terjalin dengan baik.

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural dan anda bisa menemukan artikel/Berita Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2012/04/pemberdayaan-organisasi-kemasyarakatan.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Sebagai Alat Integrasi Indonesia Yang Multikultural sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter