Bertaruh Nyawa Demi Mencari Kotak Hitam Pesawat Sukhoi di Gunung Salak

Monday, May 14, 2012 ·

Jakarta Tidak mudah untuk mengevakuasi kotak hitam (black box) pesawat Sukhoi Superjet 100 yang hancur berkeping-keping di tebing puncak Gunung Salak, Kabupaten Bogor. Keberadaan kotak hitam sangat penting untuk mengetahui rekaman percakapan pilot. Untuk menemukannya, Tim Evakuasi harus bertaruh nyawa: tidur bergelantungan di tebing yang curam.

Kamis (10/5/2012), tim Charli dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) berangkat menuju Puncak Manik, Gunung Salak, untuk melakukan evakuasi. Tim Kopassus yang terdiri dari 20 orang menapaki jalur evakuasi bersama 200-anggota tim evakuasi gabungan lainnya.

Di puncak gunung, Tim Kopassus memutuskan untuk berpisah dengan rekan sesama kesatuan. Tim pertama dipimpin Sertu Abdul Haris dan beranggotakan 7 orang, sementara tim lainnya sebanyak 13 orang dipimpin Lettu M Taufik Akbar.

Tim Abdul Haris berhasil membuka jalur pemanjatan tebing setinggi 500 meter dengan menggunakan tali panjat. "Bahkan kita harus tidur bergelantungan di tebing, dengan mengikatkan tali ke pohon yang masih tersisa di tebing," kata Taufik kepada wartawan, di Posko Cijeruk, Senin (14/5/2012).

Tim harus bergelantungan di ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan tanah. Menyeramkan! "Sementara di bawah jaraknya sekitar 1 kilometer," kisah Taufik.

Tim harus bersusah payah mencari cara menggapai ekor pesawat yang hancur, hanya untuk mencari kotak hitam pesawat. "Bagian ekor bergelantungan di pohon-pohon yang tumbuh di jurang," ujarnya.

Setelah bertaruh nyawa, tim tidak menemukan kotak hitam yang dicari. Tim hanya menemukan ELT yang berfungsi mengantar sinyal ketika pesawat mengalami kecelakaan.

Temuan tersebut kemudian dilaporkan ke Posko Pengendalian Evakuasi yang berada di Posko Embrio, Cipelang. Tim baru tiba Senin (14/5) pagi. Temuan itu selanjutnya diserahkan ke Basarnas dan disaksikan oleh tim SAR dari Rusia. (sumber : news.detik.com)

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Bertaruh Nyawa Demi Mencari Kotak Hitam Pesawat Sukhoi di Gunung Salak dan anda bisa menemukan artikel/Berita Bertaruh Nyawa Demi Mencari Kotak Hitam Pesawat Sukhoi di Gunung Salak ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2012/05/bertaruh-nyawa-demi-mencari-kotak-hitam.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Bertaruh Nyawa Demi Mencari Kotak Hitam Pesawat Sukhoi di Gunung Salak ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Bertaruh Nyawa Demi Mencari Kotak Hitam Pesawat Sukhoi di Gunung Salak sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter