Kemendagri: Penganut Kepercayaan Cukup Kosongkan Kolom 'Agama' di KTP

Wednesday, May 2, 2012 ·

Jakarta Warga Baduy meminta agar kepercayaan mereka, Sunda Wiwitan, tercantum dalam KTP. Menurut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) penganut kepercayaan di luar 6 agama yang diakui pemerintah cukup mengosongkan kolom 'Agama' dalam KTP.

"Sesuai ketentuan UU 23/2006, tentang Administrasi Kependudukan, maupun PP 37/2007, mengingat bahwa menyangkut agama yang diakui negara hanya 6, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha dan terakhir Khonghucu. Terkait aliran kepercayaan apapun bentuknya, maka pada kolom pengisian menyangkut agama, ya dikosongkan saja," jelas juru bicara Kemendagri, Reydonnyzar Moenek.

Hal itu dikatakan Donny, demikian pria berkumis ini akrab disapa, saat dihubungi detikcom, Rabu (2/5/2012).

Donny menambahkan, aliran kepercayaan itu bukan agama. Karena paham kepercayaan itu hak pribadi, maka tidak perlu mencantumkannya dalam kolom agama.

"Intinya cukup dikosongkan saja. Dengan dikosongkan saja orang sudah paham bahwa itu penganut kepercayaan," tegas Donny.

Penelusuran detikcom, penganut kepercayaan dalam administrasi kependudukan memang diatur dalam UU 23/2006, tepatnya pada pasal 61 ayat 2 yang berbunyi:

Keterangan mengenai kolom agama sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bagi Penduduk yang agamanya belum diakui sebagai agama berdasarkan ketentuan Peraturan Perundang-undangan atau bagi penghayat kepercayaan tidak diisi, tetapi tetap dilayani dan dicatat dalam database Kependudukan.

Sebelumnya, sekelompok Masyarakat Baduy yang berada di Kabupaten Lebak, Banten, mengadakan pertemuan dengan Bupati Lebak dan Gubernur Banten. Mereka menuntut agar kepercayaan mereka yakni Sunda Wiwitan dicantumkan dalam KTP.

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Kemendagri: Penganut Kepercayaan Cukup Kosongkan Kolom 'Agama' di KTP dan anda bisa menemukan artikel/Berita Kemendagri: Penganut Kepercayaan Cukup Kosongkan Kolom 'Agama' di KTP ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2012/05/kemendagri-penganut-kepercayaan-cukup.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Kemendagri: Penganut Kepercayaan Cukup Kosongkan Kolom 'Agama' di KTP ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kemendagri: Penganut Kepercayaan Cukup Kosongkan Kolom 'Agama' di KTP sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter