Pemuda Adalah Harapan Bangsa | Pemuda Adalah Individu Yang Penuh Dengan Idealisme

Saturday, October 10, 2015 ·

behance.net
Pemuda Harapan Bangsa
  
Di belahan negara manapun, sosok pemuda adalah tonggak dari segala perkumpulan. Pemuda  merupakan sosok yang menyita banyak perhatian. Baik dari segi positif maupun negatif. Terlepas dari semua kontroversi yang ada, pada dasarnya pemuda  merupakan perwujudan titik  tolak peradaaban bangsa. Hal ini begitu jelas ditegaskan oleh Ir. Soekarno, ketika beliau berkata beri aku 10 pemuda maka akan kuguncangkan  dunia”

Pemuda adalah individu yang penuh dengan idealisme. Namun disisi lain, pemuda adalah pribadi  yang dewasa. Dimana titik kedewasaan ini mulai membuka tabir realisme yang cenderung pragmatis.  Pada kondisi ini seluruh pemuda dunia di uji , apakah hendak mempertahankan idealisme atau secara perlahan dan tanpa sadar ikut serta dalam tindakan pragmatisme.


Suatu ketika saya pernah membaca sebuah artikel mengenai besarnya pengorbanan masyarakat untuk menfasilitasi kaum pemuda khususnya dalam ranah pendidikan. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa berlatar belakang dari pasal 31 UUD 1945, yang berbunyi rakyat miskin dan anak terlantar merupakan tanggung jawab pemerintah, pada faktanya terjadi ketidak sesuaian secara eksplisit. Sebab, beberapa tahun belakangan ini, pemerintah menganggarkan 20 % dana untuk dialokasikan bagi dunia  pendidikan. Dimana salah satunya disalurkan dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa yang notabene para calon cendekia muda. Namun, disisi lain ada hak-hak dari para pengemis dan gelandangan yang terpaksa diharuskan agak sedikit terpinggirkan (Ahmad Muhaimin Alfarisy : 2010). Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemerintah berusaha lebih mengedepankan pembentukan kulaitas pemuda yang lebih baik, sebagai investasi jangka panjang yang diharapkan dapat mensejahterakan bangsa dan negara.

Lalu, melalui apakah kita dapat membalas semua jasa yang telah diberikan pemerintah, rakyat miskin dan anak-anak terlantar lainnya? Baik dalam segi berfikir, berkata dan bertindak? Sehingga semua elemen yang ada dapat mencipkatakan kondisi yang terbaik bagi kesejahteraan masyarakat dimasa depan?

Seperti yang telah saya paparkan sebelumnya, pemuda adalah sosok yang idealis. Keidealismean itulah yang harus dipertahankan dan diperjuangkan dalam setiap keadaan. Keidealismean untuk jujur, bertanggung jawab, tegas, aktif, kritis, mandiri dan sabar.

Ketujuh  sikap ini harus ini dipegang teguh dan direalisasikan oleh seluruh kalangan pemuda. Melalui kejujuran setiap pemuda akan belajar mengenai toleransi terhadap sesama. Kejujuran adalah salah satu syarat utama untuk menjadi pemimpin yang dapat mempertahankan hak dan tanggung jawab dirinya serta masyarkat.

Namun, disisi lain kejujuran akan timpang tanpa dibarengi tanggung jawab, kerja keras, mandiri dan sikap . Keempat aspek tesebut adalah  penentu kualitas dan penguat secara personal dalam mencipakan kinerja yang optimal. Keoptimalan tersebut harus pula dibarengi oleh kemampuan kritis dalam menilik, menilai dan menganalisis masalah. Sehingga, dapat menghasilkan solusi yang efektif dan efisisen. Dan kunci terakhir bagi terbentuknya kesejahteraaan masayarakat melalui tangan-tangan pemuda adalah kesabaran.

Kesabaran disini bukan berarti diam tanpa aksi. Justru sebaliknya, sabar untuk selalu berusaha keras dan tetap pada jalur idealisme untuk membentuk masyarakat yang sejahtera berlandaskan kebenaran.


Mungkin, semuanya tampak klise atau bahkan non sense. Tapi, diakui atau tidak, kita telah terjebak dalam situsi dimana idelisme terkungkung oleh realitas  yang buruk (pragmatisme). Dan menurut saya, satu-satu jalan untuk mengembalikan semuanya dalam keadaan yang tepat adalah dengan mempertahankan idealisme  dalam setiap aksi, dengan cara-cara yang benar dan baik, tanpa mengambil hak orang lain. Itulah tanggung jawab kita sebagai pemuda harapan bangsa.

sumber : www.academia.edu

Anda sedang membaca artikel/Berita tentang Pemuda Adalah Harapan Bangsa | Pemuda Adalah Individu Yang Penuh Dengan Idealisme dan anda bisa menemukan artikel/Berita Pemuda Adalah Harapan Bangsa | Pemuda Adalah Individu Yang Penuh Dengan Idealisme ini dengan url http://www.kembanglatar.org/2015/10/pemuda-harapan-bangsa.html,anda dapat menyebar luaskannya jika artikel/Berita Pemuda Adalah Harapan Bangsa | Pemuda Adalah Individu Yang Penuh Dengan Idealisme ini sangat bermanfaat bagi anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pemuda Adalah Harapan Bangsa | Pemuda Adalah Individu Yang Penuh Dengan Idealisme sebagai sumbernya.

Artikel Terkait

Foto Kegiatan

Info Kembang Latar

More Article »

Gallery Foto

More Article »

Motto Kembang Latar

Berita Umum

More Article »

Counter